E-money exchanger listing

Tentang dan Panduan Simpel Menambahkan Schema.org MarkUp Untuk Memaksimalkan SEO Blog / Blogspot Agar Lebih SEO Friendly

Setelah google secara resmi telah menghapus author markup dari pencarian kini untuk melakukan optimsi seo on page jatuh pada penerapan schema.org markup. banyak dari pakar seo yang mengatakan untuk sekarang ini mesin pencari akan lebih memperhatikan pada penerapan schema markup untuk mengambil potongan pada artikel atau konten yang ada pada situs anda. perubahan yang telah terjadi ini secara signifikan akan mengganti semua data markup yang ada pada blog anda. jika anda menginginkan dalam hasil pencarian yang lebih akurat dan benar di halaman pencarian google, maka penerapan optimasi schema markup sangat di rekomendasikan sejak awal. Di halaman para blogger yang lain mungkin sudah banyak sekali yang sudah menyinggung atau membahas tentang penerapan schema markup dapat meningkatkan hasil pencarian pada mesin pencari google.
Tentang dan Panduan Simpel Menambahkan MarkUp Schema.org Untuk Memaksimalkan SEO Blog / Blogspot
Sejarah dari awal kemunculan penerapan schema markup telah secara resmi di rilis oleh schema.org berikut garis besar penjelasan dari schema.org markup. schema.org adalah kolaborasi dari beberapa mesin pencari seperti Google, Microsoft (BING) dan Yahoo dalam meningkatkan situs atau web dengan cara membuat kosakata yang umum untuk mendeskripsikan data di situs web yang telah dibuat. Jika Anda sudah menambahkan markup schema.org ke halaman HTML perusahaan dan produk. mesin penelusuran Google akan memahami data pada web Anda. Demikian juga apabila Anda menambahkan markup schema.org pada email dengan format HTML sebagai tambahan gmail misalnya. mungkin google akan memahami data tersebut.

Masih berkaitan dengan masalah penerapan schema konten yang memiliki reputasi baik dan berbobot maka akan lebih mendominasi dan unggul pada hasil pencarian tentu saja, untuk lebih unggul anda juga harus memiliki konten yang unik. inilah salah satu cara bagaimana kita bisa mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik dan bertahan lama. sementara itu dalam pemilihan template merupakan salah satu cara bagaimana memberi bobot nilai yang lebih baik juga banyak yang mengatakan jika template tidak kaya dengan meta schema bisa jadi template tersebut tidak ramah dengan mesin pencari, kemungkinan ketika robot bot spider merayapi konten tidak akan menemukan hasil yang berarti, dan satu lagi pemilihan template yang responsive juga masuk dalam point bagaimana blog kita bisa masuk dalam top one pencarian google.

Terus bagaimana caranya kita untuk mengetahui bahwa Schema.org Markup sudah diterapkan dengan benar pada web atau blog kita? anda bisa mengecek data struktur tersebut di tool google richsnippets, anda tinggal membukanya pada tab baru. hasil dari setiap halaman yang ada pada web anda akan anda lihat sendiri dengan jelas di manakah atau pada posisi mana letak kesalahan schema pada template anda. untuk yang menggunakan blogspot anda harus menggunakan schema markup dengan mengedit manual namun untukyang menggunakan platform wordpress pada setiap template anda sudah di ikut sertakan baik yang menggunakan template premium atau yang menggunakan template gratis.

Jadi apa yang perlu dan harus anda lakukan untuk bisa mendapatkan peringkat seo yang lebih baik pada mesin pencarian? secara real time anda harus lebih mengedepankan dalam membuat konten yang unik dan membenahi semua kesalahan data markup mulai dari schema.org sampai dengan kesalahan meta tag. termasuk juga harus menerapkan teori seo on page. perkaya dengan keyword yang tepat pada web atau blog anda dan fokus pada materi yang anda tulis, ini adalah cara yang terbaik untuk menciptakan seo sacara natural.

Blog seo friendly terbaru biasanya sudah menggunakan microdata schema (pemanda markup) untuk menambah ke-SEO-an blog. Kode microdata schema ini membuat posting blog mudah dikenali dan diindeks Google dan mesin pencari lainnya.

Penerapan Microdata Schema akan meningkatkan peringkat web atau blog di halaman hasil pencarian karena kutipan datanya makin lengkap (rich snippet).

Simak penjelasan Google berikut ini:
  • Schema.org adalah kolaborasi oleh Google, Microsoft, dan Yahoo! untuk meningkatkan web dengan membuat kosakata umum untuk mendeskripsikan data di web.
  • Jika Anda menambahkan markup schema.org ke laman HTML Anda, berbagai perusahaan dan produk—termasuk penelusuran Google—akan memahami data di situs Anda.
  • Demikan juga, apabila Anda menambahkan markup schema.org ke email dengan format HTML, produk email lain sebagai tambahan GMail mungkin akan memahami data tersebut.
  • Anda dapat menggunakan jenis markup yang berbeda untuk mendeskripsikan data dengan kosakata schema.org. Pemandu Markup dapat menunjukkan kepada Anda cara menggunakan microdata dan JSON-LD.
  • Pemandu Markup dapat menunjukkan kepada Anda cara menambahkan markup schema.org ke laman pada situs yang berisi artikel majalah atau koran. 
  • Jika Anda memberi markup laman ini, Google dapat membuat informasi ini tersedia sebagai cuplikan kaya di laman hasil penelusuran atau properti Google yang lain.
  • Informasi seperti judul, penulis, dan peringkat ulasan pada artikel dapat membantu pengguna menentukan laman yang akan diklik di hasil penelusuran. 
Yang Intinya, dengan Microdata Schema.org bisa membuat blog kita lebih SEO Friendly sehingga nantinya blog kita mudah dan cepat terindeks Google dan dengan berjalannya waktu blog bisa mendapatkan peringkat (rangking) terbaik di halaman hasil pencarian.

Cara Mudah Pasang Microdata Schema Org agar Blog lebih SEO Friendly
Sudah banyak para blogger atau desainer template blog yang sudah berbagi tentang tips atau cara memasang microdata schema org ke dalam template blog kita. Akan tetapi, kebanyakan rumit dan membuat pusing bagi para blogger pemula "newbie".

Nah berikut ini Cara Mudah bagaimana Memasang Microdata Schema Org untuk SEO Blog yang akan diterapkan di blog ini.
  • Cek struktur baru blog Anda di Structured Data Testing Tools Google, nanti jangan keluar dari tab ini dulu, soalnya kita akan mengecek dan membandingkan setelah kita memasang schema org ini.
  • Template > Edit HTML
  • Cari (Ctrl+F) kode di bawah ini.
<b:includable id="post" var="post">

  • Simpan kode yang ada di bawah ini tepat di bawah kode di atas :
<div class='post hentry uncustomized-post-template' property='blogpost' itemscope='' 
itemtype='http://schema.org/Blog' style='display:none;'>
<div expr:content='data:post.title' itemprop='name alternateName'/>
<div expr:content='data:post.url' itemprop='url'/>
<div content='http://www.alfacell90.blogspot.com/' itemprop='additionalType'/>
<div expr:content='data:post.thumbnailUrl' itemprop='image thumbnailUrl'/>
<span itemprop='description'><data:post.body/></span>
<span itemprop='author editor'><data:post.author/></span>
<span itemprop='datePublished dateCreated'><data:post.timestamp/></span>
<span itemprop='version'>Blognya Wong Ndeso</span>
<span itemprop="contentLocation">Jawa Tengah, Indonesia</span></div> 


  • Ganti tulisan yang berwarna merah di atas dengan versi yang Anda inginkan.
  • kemudian Save Template anda.
  • Cek struktur baru blog Anda di tab yang berbeda, apabila anda masih ingat kesalahan struktur datanya ya ga usah membuka tab baru, pada struktur data testing tool tinggal cek kembali dan bandingkan dengan pengecekan pertama yang sudah dilakukan, adakah dan berapa perubahan yang terjadi pada blog anda..
CARA LAIN PASANG SCHEMA ORG
Selain cara di atas, ada cara lain bagaimana memasang Microdata Schema org pada template blog anda, caranya akan sedikit lebih mudah, lebih jelasnya sebagai berikut:

  • masuk dasbor blog anda ==> Template ==> Edit HTML
  • Temukan kode <body> atau <body expr:class='&quot;loading&quot; + data:blog.mobileClass'> pada template anda.
  • Coppy kode berikut ini tepat di bawah dan paste kan kode tersebut tepat di bawah kode di atas:
<div itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Blog' style='display: none;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;index&quot;'> 
<meta expr:content='data:blog.pageName' itemprop='name'/> 
<meta expr:content='data:blog.canonicalUrl' itemprop='url'/> 
<b:else/> 
<meta expr:content='data:blog.title' itemprop='name'/> 
<meta expr:content='data:blog.homepageUrl' itemprop='url'/> 
</b:if> <meta expr:content='data:blog.metaDescription' itemprop='description'/> 
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'> 
<meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' itemprop='image'/> 
<b:else/> 
<meta content='//blog-logo-url-square-size-is-good' itemprop='image'/> 
</b:if>
</div>

  • Jika Anda ada yang sudah menggunakan template blog baru, maka anda bisa mencari kode seperti berikut ini dengan menggunakan "http://schema.org/Blog.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> 
<div itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Blog' style='display: none;'> 
<meta expr:content='data:blog.title' itemprop='name'/> 
<b:if cond='data:blog.metaDescription'> 
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' itemprop='description'/> 
</b:if> 
</div> 
</b:if>

  • Ganti semua kode tersebut pada template anda dengan kode seperti berikut ini:
<div itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/Blog' style='display: none;'>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;index&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' itemprop='name'/>
<meta expr:content='data:blog.canonicalUrl' itemprop='url'/>
<b:else/>
<meta expr:content='data:blog.title' itemprop='name'/>
<meta expr:content='data:blog.homepageUrl' itemprop='url'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' itemprop='description'/>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' itemprop='image'/>
<b:else/>
<meta content='//blog-logo-url-anda' itemprop='image'/>
</b:if>
</div>

  • Ganti link yang berwarna merah dengan link logo yang ada pada blog Anda.

  • Save Template blog anda.
Setelah template blog anda dipasang Microdata Schema Org, tentu ada beberapa perubahan data yang terjadi di sana dan itu artinya ada perubahan dalam peningkatan SEO pada blog Anda.

Demikian yang bisa saya samapaikan Tentang Schema.org semoga apa yang disampaikan bisa bemanfaat dalam meningkatkan blog sobat, bila ada yang perlu ditanyakan silahkan isi kolom komentar.
loading...
loading...

Please Share

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

4 komentar:

Luarrrrr biasa hebat artikel copasnya, mantap! Ada salam manis dari admin blog Komunikasi Praktis :) Sampai Jumpa di Google DMCA katanya :)

tolong jangan maen klaim, tolong dijelaskan dulu dimana letak copasnya, jangan menuduh dulu tanpa bukti..
dan bandingkan dulu dengan artikel yang anda miliki.

Admin boleh saya tanya step yang saya tandai ini... dilakukan dimana, saya ggak gerti maklum masih pemula :")

Nah berikut ini Cara Mudah bagaimana Memasang Microdata Schema Org untuk SEO Blog yang akan diterapkan di blog ini.
Cek struktur baru blog Anda di Structured Data Testing Tools Google, nanti jangan keluar dari tab ini dulu, soalnya kita akan mengecek dan membandingkan setelah kita memasang schema org ini.
Template > Edit HTML ------------------> (bagian step ini dilakukan dimana ?)
Cari (Ctrl+F) kode di bawah ini.


Simpan kode yang ada di bawah ini tepat di bawah kode di atas :

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More