Tentang Mesin Traktor Dan Prinsip Kerjannya Dalam Dunia Pertanian

Traktor adalah kendaraan yang didesain Spesifik untuk digunakan dalam keperluan fraksi tinggi pada kecepatan rendah, atau di gunakan untuk menarik trailer atau instrumen yang digunakan dalam dunia pertanian atau konstruksi. Istilah ini umum digunakan untuk mendefinisikan suatu jenis kendaraan dalam dunia pertanian. Instrumen pertanian umumnya digerakan dengan menggunakan kendaraan ini, penggunaanya bisa ditarik atau didorong bahkan bisa digunakan untuk memuat berbagai barang ataupun hasil panen dan menjadi sumber utama mekanisasi pertanian. Istilah umum lainya, "unit traktor", yang mendefinisikan kendaraan yang semi truk trailer. Kata traktor diambil dari bahasa latin, trahere yang mempunya parti "menarik". Traktor dapat digunakan sebagai sumber tenaga untuk bisa menunjang operasi pertanian yang efektif, baik Tenaga, Waktu maupun mencakup biaya, sehingga dapat menigkatkan kapasitas kerja, mengurangi yang mencakup biaya produksi, meningkatkan hasil temuan pertanian serta bisa mengurangi kelelahan dan kebosanan dalam bekerja.
mesin traktor dan prinsip kerjanya
Kata Traktor awalnya dipakai untuk  mempersingkat penjelasan "suatu mesin atau kendaraan yang menarik gerbang atau membajak, untuk itu istilah Traktor menggantikan makna " mesin penarik "(trakction Engine). Di negara inggris, irlandia, australia, india, spanyol, argentina, dan negara jerman, kata "traktor" umumnya berarti "traktor pertanian", dan penggun

aan kata traktor yang merujuk pada jenis kendaraan yang lain sangat jarang. Intrumen pertanian bermesin pertama adalah mesin uap portabel di Tahun 1800an, yaitu mesin uap yang bisa digunakan untuk bisa mengendalikan instrumen mekanis pertanian. Sekitar tahun 1850, mesin penarik dikembangkan dari mesin tersebut, dan digunakan secara luas di dunia pertanian. Traktor pertama adalah mesin bajak bermesin uap. Traktor bisa diklasifikan sebagai two wheel drive, atau trek traktor. Traktor, kecuali trak tracktor yang umumnya memiliki 4 roda dengan doa roda yang lebih besar dibelakang atau keempat rodanya sama besar.

Track traktor memiliki penggerak seperti tank yang membuatnya mampu bergerak diberbagai medan. karena traksinya yang sangat hebat, tracktor menjadi popuer di California pada tahun 1930’an. Traktor pada awalnya menggunakan mesin uap sebagai sumber energi utama untuk menghasilkan tenaga traktor. Antara tahun 1900 hingga 1960 bensin sudah mulai menjadi bahan bakar utama, minyak tanah dan etanol sebagai alternatif untuk bahan bakarnya. Kebanyakan traktor tua memakai transmisi manual. Traktor jenis ini memiliki beberapa rasio kecepatan tinggi, umumnya 3 Hingga 6. Kecepatan rendah umumnya digunakan pada Lahan pertanian sedangkan kecepatan tinggi digunakan dijalan. Tenaga yang diproduksi oleh mesin harus ditransmisikan keperalatan Yang diimplementasikan ke traktor untuk bisa melakukan pekerjaan yang dibutuhkan (Menanam, memanen, membajak, dll). Hal ini bisa dicapai dengan drawbar atau sistem Sambungan.

Prinsip Kerja Traktor

Prinsip kerja traktor tangan adalah mesin pengolah tanah dengan menggunakan tenaga penggerak motor bakar, yang pang umumnya bermotor diesel. Sebagai mesin pengolah tanah, traktor digunakan untuk bisa menarik peralatan pengolah tanah, seperti bajak Piring, garu Piring, dll.
mesin traktor dan prinsip kerjanya
Sedangkan Traktor Roda Empat dioperasikan oleh operator yang duduk di tempat kendali sambil duduk sambil mengemudikannya. Peralatan pengolah tanah dipasangkan atau disambungkan dengan traktor melalui Perangkat yang disebut three hitch point atau penyambungan tiga titik, yang terdiri dari sepasang garpu kiri dan kanan, sedangkan satu tuas lainnya berada di bagian atas sistem penyambungan tiga titik, disebut top link (Tuas penyambung bagian atas) .

Dengan menggunakan sistem penyambungan ini pengaturan posisi peralatan (seperti membajak, dll.) yang diinginkan operator dapat diatur dengan memanjangkan atau memendekkan tuas penyambung atas. Untuk mengamankan agar traktor tidak terangkat pada saat dioperasikan untuk pekerjaan pengolahan tanah, maka traktor perlu diseimbangkan dengan beban saat memasang tambahan beban pada bagian depan traktor. Dengan melakukan persiapan seperti ini, maka persiapan traktor lelah Siap untuk dioperasikan dalam pengolahan tanah.
Beberapa hal ini perlu diperhatikan ketika hendak menggunakan traktor roda empat dalam pengolahan tanah :
  • Atur posisi sudut bajak (peralatan yang lain) dengan permukaan tanah disesuaikan dengan kondisi tanahnya (tanah berat atau ringan).
  • Pengaturan posisi sudut bajak dilakukan melalui tuas penyambungan titik tiga.
  • Pasangkan beban sebagai penyeimbang di bagian depan traktor.
  • Traktor telah siap dioperasikan untuk pekerjaan dalam mengolah tanah.
Kelengkapan Alat
Traktor tangan sebagai bagian utama dari mesin pengolah tanah yang harus dilengkapi dengan peralatan yang menunjang dalam pengolahan tanah, seperti bajak dan garu. Tanpa perlengkapan tersebut traktor tangan hanyalah berperan sebagai alat atau mesin penarik peralatan. Beberapa kelengkapan yang diperlukan antara lain:
  • Bajak singkal adalah alat pengolah tanah pertama yang berfungsi untuk bisa membalikkan irisan permukaan tanah.
  • Bajak rotari atau bajak cakar adalah alat pengolah tanah yang berfungsi memotong dan mengaduk tanah, sehingga hasil temuan tanah olahannya menjadi hancur atau berlumpur.
  • Garu adalah alat pengolah tanah kedua yang berfungsi untuk dapat menghancurkan dan meratakan tanah.
  • Roda sangkar adalah jenis roda yang terbuat dari besi pipa dan plat yang berbentuk menyerupai sangkar. Fungsi roda sangkar adalah untuk dapat meningkatkan daya cengkeram permukaan roda terhadap tanah, dengan demikian terjadinya selip dapat diatasi.
  • Roda ban karet adalah jenis ban dari karet yang berfungsi untuk dapat mendukung operasi traktor di lahan kering dan mendukung transportasi di jalan.
Sedangkan traktor roda empat merupakan mesin yang berfungsi sebagai penghela atau  penarik peralatan. Untuk dapat digunakan sebagai mesin pengolahan tanah, maka Harus dilengkapi dengan perlengkapan pengolah tanah, seperti bajak singkal, bajak piring, garu Piring, alat penyemprot hama dan penyakit tanaman, dll.
Perawatan traktor roda empat perlu dilakukan secara rutin dan perawatnya perlu mengenali bagian bagian traktor dan fungsinya masing-masing. Spesifikasi traktor roda empat sangat bervariasi bergantung pada besarnya daya penggerak, ukuran ban, daya tarik, daya angkat, persneling, dll.
Bagian-bagian utama dari traktor roda empat memiliki fungsi masing- masing, antara lain:
  • Sistem kemudi: alat untuk digunakan dalam mengendalikan jalannya atau operasi traktor di Lapangan.
  • Roda depan: Roda bagian depan traktor dari yang berfungsi sebagai pengendalian, dan memiliki ukura diameter lebih kecil dari roda bagian belakang.
  • Roda bagian belakang dengan ukuran diameter lebih besar dari roda bagian depan traktor yang berfungsi menumpu beban traktor dan peralatan yang terpasang.
  • Chasis traktor : Bagian rangka traktor roda empat yang juga merangkap sebagai rumah dari sistem transmisi.
  • Pemberat : Besi cor Yang dirancang khusus untuk bisa menjadi pemberat traktor agar tidak terangkat pada saat mengolah tanah.
  • Poros PTO : Poros yang difungsikan untuk bisa menggerakkan peralatan yang dalam pengoperasiannya memerlukan putaran (bajak rotary), atau bisa untuk menggerakkan peralatan stasioner.
  • Sistem penyambungan peralatan : Bentuk peralatan pengolahan tanah yang relatif besar, maka pada traktor roda empat memerlukan mekanisme penyambungan khusus, yakni Sistem penyambungan titik tiga (three hitch point).
Memasuki era teknologi tinggi seperti sekarang penggunaan alat-alat pertanian dengan mesin-mesin modern yang membantu mempercepat proses pengolahan produksi pertanian. Salah satu alat yang umum dan paling sering digunakan adalah traktor, baik itu traktor tangan maupun traktor roda empat. Traktor merupakan sebuah alat bermesin yang memiliki kemampuan untuk bisa mengolah tanah. Fungsi fungsi traktor sekarang telah mengantikan fungsi fungsi Tenaga Hewan seperti sapi dan kerbau dalam pengolahan tanah. Pengenalan yang baik tentang mesin traktor ini, dapat mempercepat proses modernisasi pertanian.

Demikian uraian singkat tentang traktor dan prinsip kerjanya di dunia pertanian, semoga apa yang diulas dalam artikel ini bisa bermanfaat, dan jang lupa untuk membagikan artikel ini agar bisa lebih bermanfaat bagi para pembaca.
loading...
loading...

Please Share

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More